GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN



Gerakan Sekolah Menyenangkan Wujud Kreatifitas untuk Masa Depan

Tahukah kalian apa itu Gerakan Sekolah Menyenagkan ?

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) adalah gerakan sosial bersama guru untuk menciptakan budaya belajar yang kritis, kreatif, mandiri dan menyenangkan di sekolah.  Dengan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) ini diharapkan para siswa siswi merasa nyaman dan senang untuk belajar ilmu di sekolah sehingga mereka mendapat ilmu yang bermanfaat dan ketrampilan lebih untuk meningkatkan mutu pendidikan. Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) fokus pada pengembangan kultur positif dan kegiatan sekolah yang menumbuhkan kreatifitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. 

Pada awalnya Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) ini di motori atau dipelopori oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di Austrlia.mereka berbagi dari pengalaman mereka tentang  bagaimana negara-negara maju menciptakan iklim pembelajaran yang positif sehingga dapat mencetak generasi – generasi muda yang terampil, kreatif dan inovatif. 

Selain itu Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) ini dapat mengurangi bahkan mencegah terjadinya bullyingdilingkungan sekolah karena dengan suasana sekolah yang menyenangkan tidak akan ada lagi perbedaan ataupun keirian antar siswa. Yang ada hanyalah tantangan dan persaingan yang sehat antar siswa untuk dapat menjadi yang terbaik dan dapat diunggulkan namun dengan cara yang baik dan benar.

Sebagian waktu anak usia sekolah dihabiskan di lingkungan sekolahan sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan sangatlah membantu dan mendukung mental dan ketrampilan siswa. Sekolah memang seharusnya menjadi tempat yang nyaman untuk para siswa karena sekolah sudah bagaikan rumah kedua mereka.  Oleh karena itu, Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) ini sangatlah diperlukan dan harus diajarkan kepada semua pegawai pendidik bagaimana menerapkan kegiatan ini. Pegawai pendidik seperti guru dan figur lainnya di sekolah haruslah dapat memotivasi dan menginspirasi  agar dapat selalu diingat oleh siswanya. Sebagai seorang figur yang dapat memotivasi, pastinya siswa siswinya pun akan selalu teringat dan bangga apabila dididik oleh guru tersebut.

Pembelajaran di sekolah tidaklah harus selalu formal dengan hanya mendengarkan dan duduk berjam jam di dalam kelas. Dengan Gerakan Sekolah Menyenangkan ini diharapkan dalam hal pembelajaran ada cara baru yang lebih efektif dan tidak membosankan untuk diterapkan kepada siswa. Mengajar dengan cara bermain dan berkarya adalah salah satu contohnya. Para siswa akan senang dapat bermain bersama namun juga mendapat pelajaran didalamnya. Dengna hati yang gembira dan senang maka segala sesuatunya termasuk ilmu akan dapat diterima dengan mudah karena mereka tidak merasa terbebani.

Membuat siswa memecahkan sebuah kasus atau proyek juga merupakan salah satu contoh Gerakan Sekolah Menyenagkan. Menumbuhkan jiwa berani dan selalu tertantang dalam segala hal termasuk ilmu pengetahuan sangatlah membantu mereka untuk dapat memperoleh ilmu yang lebih banyak dari pada sebelumnya. Mereka yang suka tantangan akan selalu berusaha mencari solusi dan inovasi baru dan hal ini sangatlah baik apabila kita dapat menerapkannya dalam Sekolah sehingga siswa siswi memiliki keingin tahuan lebih di bidang ilmu pengetahuan dan selalu tertantang untuk mendapatkan ilmulebih dariyang mereka peroleh saat ini.

Sekolah yang menyenangkan tidaklah harus dengan fasilitas dan dana yang luar biasa besar, namun suasana dan keadaanlah yang menentukan iklim dalam suatu lingkungan. Segala sesuatunya akan menyenangkan apabila dilakukan dengan senang dan tanpa beban, sehingga Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)  ini sangatlah diperlukan untuk membangun generasi muda yang lebih aktif dan kreatif dalam segala hal.



REFERENSI :  http://www.sekolahmenyenangkan.org/

3 komentar :

Unknown mengatakan...

Infonya menarik....:-)

aidha mariza mengatakan...

Terimakasih penulis, semoga makin banyak sekolah yang melaksanakan GSM ini sehingga dpt mengurangi bullying

Unknown mengatakan...

Thank's infonya kak :))

Posting Komentar